Sabtu, 16 Oktober 2010

Perusahaan Dan Lingkungan Perusahaan

Pertemuan ke 2
Perusahaan Dan lingkungan Perusahaan
1. Pengertian Perusahaan

Perusahaan adalah suatu tempat untuk melakukan kegiatan proses produksi barang atau jasa. Untuk mendirikan perusahaan diperlukan tempat yang sesuai dengan bentuk usahanya, karena jika penentuan tempat nya kurang sesuai dapat mengganggu produktifitas kerja.
2. Tempat kedudukan dan letak perusahaan
Ada 4 (empat) jenis letak perusahaan :
1. Letak Perusahaan yang Terikat Pada Alam
Letak perusahaan ini sangat ditentukan oleh sumber-sumber alam, jadi tidak dapat ditentukan oleh manusia; misalkan, usaha pertanian dan pertambangan.

2. Letak Perusahaan Berdasarkan Sejarah
Letak perusahaan ini hanya dapat dijelaskan dengan adanya sejarah di lokasi itu. Misalkan kerjainan batik di daerah Surakarta dan Yogyakarta, hal ini disebabkan dulu seni membatik ini dimulai dari para wanita dalam Kraton di kedua kota itu.

3. Letak Perusahaan yang Ditetapkan oleh Pemerintah
Dalam hal ini pemerintahlah yang menentukan dimana perusahaan harus menjalankan aktivitasnya. Hal ini agar masyarakat di sekitar lokasi itu tidak merasa terganggu karena adanya perusahaan tersebut. Misalnya, pabrik senjata/amunisi, peternakan babi, dan pabrik obat-obatan.

4. Letak Perusahaan yang Dipengaruhi oleh Faktor-faktor Ekonomi
Jenis perusahaan ini bersifat industri. Di sini ada bebarapa faktor yang perlu diperhatikan dalam menentukan letak perusahaan :
a. Dekat dengan bahan baku
Contoh : pabrik gula, pabrik semen.

b. Dekat dengan pasar
Di sini perusahaan sedekat mungkin dengan pasar atau konsumen.
Contoh : pabrik roti (Bakery), rumah makan dan juga perusahaan jasa seperti bank dan asuransi.
c. Dekat dengan pemasuk tenaga kerja
Bagi perusahaan yang banyak membutuhkan tenaga kerja bukan ahli, cenderung memperhatikan agar dekat dengan tenaga kerja tersebut.
Contoh : pabrik rokok, pabrik kembang gula.
d. Dekat dengan penyedia sumber tenaga/energi
Contoh : pabrik peleburan bijih besi, aluminium dan baja.
e. I k l i m
Suatu perusahaan seringkali membutuhkan adanya iklim dan pengaturan suhu udara yang tertentu.
Contoh : pabrik the, pemintalan kapas, industri jamur.

f. Ongkos Transport
Misalkan pabrik mobil, sangat membutuhkan lancarnya transportasi. Apabila jalan-jalan yang akan dilalui produk perusahaan ke konsumen sudah baik, maka diharapkan ongkos transportnya juga akan menjadi rendah.
g. Besarnya suplai modal
Perusahaan yang membutuhkan modal untuk mengembangkan usahanya, cenderung akan memilih tempat dimana penananman modal cukup besar disertai tingkat bunga yang cukup rendah.
http://agusnuramin.wordpress.com/2010/10/07/pengantar-bisnis-part-2/

3. Perusahaan dan Lembaga sosial

Tujuan Perusahaan:
1. Meningkatkan pelayanan dalam jasa transportasi kepada masyarakat.
2. Mendorong perekonomian daerah.
3. Menunjang pembangunan daerah
4. Sebagai salah satu sumber pendapatan asli daerah
5. Menyelenggarakan kemanfaatan umum
Sasaran
1. Terjaminnya fleksibilitas sistem transportasi salah satunya dengan adanya pemisahan yang jelas antara badan regulator dengan badan yang melakukan operasional.
2. Kemudahan pengembangan sistem transportasi yang dapat menyelesaikan permasalahan kemacetan.
3. Konsistensi pengembangan transportasi jangka panjang.
4. Konsistensi pelayanan jasa transportasi.
5. Beroperasi sebagai perusahaan yang berorientasi profit dengan tidak mengesampingkan pada pelayanan masyarakat secara aman, nyaman, produktif dan ramah lingkungan.
6. menjadi perusahaan layanan publik yang mandiri secara finansial.


Pembahasan tentang membangun sistem perusahaan akan di buat dalam beberapa serial tulisan. Sebagian besar merujuk kepada konsep yang dibuat oleh Brad Sugars.
People & Education (SDM & Pendidikan)
Ada beberapa sistem yang disarankan, yaitu:
- Membangun Training Systems (Sistem Pelatihan)
- Kontrak Kerja dengan setiap pegawai
- Membangun klub sosial
- Membangun perencanaan karir dalam perusahaan
- Membangun tim

Delivery & Distribution (Pengiriman & Distribusi)
Ada beberapa sistem yang perlu dipertimbangkan:
- Menjalankan system tanpa kertas (paperless systems)
- Memberikan jasa anda secara sistematik & konsisten
- Merubah kemasan produk untuk untuk keamanan pengiriman
- Reorganisasi persediaan sesuai perputaran yang paling tinggi
- Penyederhanaan proses memasukkan & membuka. pesanan anda


Tugas Pokok Dan Fungsi Perusahaan
Tugas pokok
1. Memberikan pelayanan angkutan bagi masyarakat Kota Bogor secara memadai, nyaman dan aman.
2. Memberikan pelayanan jasa bengkel, jasa kendaraan derek, dan jasa usaha transportasi lainnya.
3. Menjadikan PD Jasa Transportasi mampu mengem bangkan diri sesuai tugas dan fungsi, sehingga menambah pendapatan daerah secara langsung dan/atau tidak langsung.
4. Melakukan pengembangan usaha dan investasi pada PD Jasa Transportasi.
Fungsi
Fungsi Ekonomi
Sebagai sarana dan prasarana publik senantiasa dituntut untuk meningkatkan kemampuan pengembangan usaha dan memenuhi kewajiban-kewajiban lainnya dengan cara pengelolaan Perusahaan Daerah Jasa Transportasi secara sehat berdasarkan asas ekonomi Perusahaan.
Fungsi Sosial
Sebagai sarana Publik dalam melaksanakan pengelolaan jasa transportasi yang merupakan urat nadi pembangunan suatu daerah senantiasa dituntut untuk dapat memberikan pelayanan yang optimal kepada seluruh lapisan masyarakat dari semua golongan masyarakat dengan memberlakukan tarif yang terjangkau sesuai kemampuan masyarakat dan aspek keadilan
http://www.infobursakerja.com/sc/rs/si/1669774/k/Fungsi-Fungsi-Perusahaan/p/Fungsi-Fungsi-Perusahaan.html
ciri-ciri perusahaan ;

• terus-menerus atau aktif dalam kegiatan usahanya
• mendapatkan penghasilan
• mengadakan perjanjian perdagangan
• mempunyai akta pendirian perusahaan yang dibuat oleh
notaris dan telah memperoleh pengesahan

4. Berbagai Macam Lingkungan Perusahaan
Dan Pengaruhnya Terhadap Perusahaan

Aspek lingkungan bisnis dapat dibedakan menjadi dua macam yaitu lingkungan bisnis internal dan lingkungan bisnis eksternal. Lingkungan bisnis eksternal dibagi lagi menjadi 2 yaitu lingkungan jauh dan lingkungan industry, lingkungan bisnis internal dibagi dalam aspek-aspek perusahaan seperti SDM, operasional, keuangan, marketing dan brand.
Aspek-aspek tersebut mengenai;
 LIngkungan jauh dari perusahan, terdiri atas factor politik, makro ekonomi dan kondisi sosial masyarakatserta pengaruh perkembangan tehnologi.
 Linmgkungan industry perusahaan, lebih mengarah pada aspek persaingan dimana perusahaan berada , aspek itu terdiri dari ancaman sesame pesaingproduk industry, adanya produk ysng sama yang dapatmenggantikannya.
http://buahsirsak.blogspot.com/2009/09/jenis-lingkungan-kerja.html
5. Pendekatan Dalam Melihat Bisnis Dan Lingkungan

Pendekatan bisnis dan lingkungan dapat dilihat dari;
• Pendekatan Fungsional, berdasarkan pemasaran, akuntansi dan keungan operasi, SDM,dan sisitem operasi manajemen.
• Pendekatan Rantai Nilai, didasarkan pada serangkai kegiatan yang berurutan dari sekelompok aktifitas untuk mendesain, memproduksi, memasarkan dan mengirimkan.
• Pendekatan Kurva Belajar, penurunan produksi karena pertambahan pengalaman kerja di gambarkan dengan grafik Learning curve / Experience Curve.
• Pendekatan Core Competience, kompetisi ini adalah kumpulan ketrampilan dan teknologi yang terintegrasi dalam melakukan kompetisi dalam berbisnis.

http://dig.com/busines_finance/Aspek_lingkungan_bisnis

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar