Sabtu, 16 Oktober 2010

Pengantar Bisnis

Pertemuan ke1
Ruang lingkup Bisnis
1. Pengertian Bisnis dan Jenisnya
Bisnis adalah usaha pedagang yang di lakukan oleh sekelompok orang yang terorganisasi untuk mendapatkan laba dengan memproduksi dan menjual barang dan jasa untuk memenuhi kebutuhan bersama.
Bisnis atau usaha
dalam ekonomi di golongkan atas 4 jenis yaitu;
a. Agraris
Usaha dalam bidang agraris menggunakan lahan tanah sebagai faktor produksi utama. Misalnya pertanian, perkebunan, peternakan dan perikanan.
b. Industri
Usaha bidang industri merupakan jenis usaha yang mengola bahan mentah menjadi bahan jadi, bahan mentah menjadi bahan setengah jadi, dan bahan setengah jadi menjadi bahan jadi.
• Bahan mentah adalah bahan yang perlu diolah dulu agar dapat memenuhi kebutuhan, misalnya kapas dan kayu gelondongan.
• Bahan setengah jadi adalah hasil olahan dari bahan mentah tapi masih perlu diolah lagi agar siap digunakan, contoh benag bagi industri tekstil dan tepung bagi industri roti.
Bahan jadi adalah hasil akhir proses pengolahan yang sudah siap untuk digunakan, misalnya baju, sepeda dan televisi. Contoh Industri kecil : pengrajin sepatu, mebel, alat-alat rumah tangga, dan tahu tempe. Contoh Industri besar: perusahaan tekstil, mobil, semen dan elektronik
c. Perdagangan
Usaha dalam bidang perdagangan adalah jenis usaha menjual barang-barang produksi kepada pihak lain tanpa mengola bahan tersebut. Misalnya pedagang beras, bahan bangunan dan makanan.


d. jasa
Usaha bidang jasa adalah jenis usaha yang tidak menghasilkan benda melainkan memberikan
pelayanan kepada pihak lain sesuai kebutuhan. Misalnya guru, dokter dan paramedis.

2. Tujuan kebijakan bisnis
Adapu tujuan-tujuan bisnis antara lain;
• Market Standing, yaitu penguasaan pasar yang akan menjadi jaminan perusahaan untuk memperoleh pendapatan penjualan dan profit dalam jangka panjang.
• Inovation, yaitu inovasi dalam produk dan inovasi keahlian
• Physical & financial resource, yaitu tujuan memiliki dan menguasai sumberdaya fisik dan keuangan untuk mengembangkanperusahaan menjadi lebih besar.
• Manager performance & Development.
3. Sistem perekonomian dan system pasar

Sistem perekonomian adalah system atau cara yang di gunakan suatu Negara untuk mengalokasikan sumberdaya yang dimiliki individu maupun organisasi dalam Negara itu sendiri. Ada beberapa jenis system perekonomian yaitu;

- Sistem ekonomi Kapitalisme, yaitu system ekonomi yang member kebebasan kepada setiap orang untuk melaksanakan menjual barang dan sebagainya.
- Sistem ekonomi Sosialisme, yaitu system ekonomi yang member kebebasan yang cukup besar kepada setiap orang untuk melaksanakan kegiatan ekonomi tetapi dengan campur tangan pemerintah.
- Sistem ekonomi Komunisme, yaitu system ekonomi dimana pemerintah berperan sebagai pengatur seluruh sumber.
- Sistem ekoomi Fasisme, yaitu paham yang mengedepankan bangsa sendiri dan memandang rendah bangsa lain.
- Sistem ekonomi pasar (liberal / bebas), yaitu system ekonomi dimana seluruh kegiatan ekonomi mulai dari produksi, distribusi, dan konsumsi diserahkan seluruhnya pada mekanisme pasar. Perekonomian pasar bergantung pada kapitalisme dan liberalism
Untuk menerapkan sebuah lingkungan dimana konsumen dan produsen bebas menjual dan membali barang yang mereka inginkan.
http://info.g-excess.com/id/info/Sistem-Perekonomian.info

4. Kesempatan Bisnis/usaha

Untuk menemukan peluang usaha kita bissa melihat dari lingkungan kita sendiri. Selama tehnologi terus maju dan berkembang, peluang usaha juga semakin bertambah. Biasanya seseorang yang mempunyai kreatifitas tinggi selalu menciptakan peluang-peluang usaha sendiri, dengan mengembangkan kreatifitasnya. karena mempunyai banyak ide. Untuk mengetahui peluang usaha apa yang sedang di gemari atau di butuhkan oleh masyarakat, kita bias melakukan survey . Maka akan diketahui kebutuhan-kebutuhan masyarakat di masa sekarang, dan kita berusaha memenihinya yaitu dengan membuka usaha.
Contohnya computer dan internet, dimasa sekarang computer sudah menjadi andalan sebagai alat pengolah data, hamper semua instansi, perkantoran , pendidikan menggunakan tehnologi computer sehingga computer digunakan setiap hari.Dengan demikian masyarakat membutuhkan ilmu tehnologinya, dan dengan komputernya sendiri akan muncul peluang-peluang besar lainnya seperti rental, jasa servis dan lainnya.

5. Unsur-unsur penting dalam aktivitas ekonomi

Unsur-insur yang ada dalam perencanaan bisnis antara lain;
 Rencana pemasaran
 Rencana produksi
 Rencana keuangan
 Rencana SDM dan organisasi
 Analisa resiko
 Batas waktu persoalan ekonomi, untuk mewujudkan tujuan nasional suatu Negara.
http://ariefhikmah.com/search/unsur-unsur%20bisnis


6. Hakikat bisnis
Peran seorang entrepreneur atau pengusaha yang memiliki kepribadian harus mampu melaksanakan 7M (membaca, menterjemahkan, meneliti, mengkaji, menghayati, memahami, mengamalkan) sebagai kekuatan kebiasaan pikiran untuk menuntun kekuatan akhlak manusia dalam mencari uang. Sikap dan perilakunya tidak terpengaruh oleh pemain peran dalam legislatif, yudikatif dan eksekutif yang memberikan peluang untuk tidak menjalankan etika bisnis karena mengharapkan untung yang besar dengan mengorbankan semua kepentingan steak holders.

http://suaraatr2025.wordpress.com/2010/04/13/wawasan-entreprener-dalam-etika-bisnis/

7. Mengapa belajar bisnis

Busnis atau usaha dapat dilakukan oleh siapa saja yang memang orang tersebut mempunyai kemampuan berbisnis. Para pelaku bisnis tidak harus mempunyai pendidikan yang husus, karena hal ini memacu pada keahlian masing-masing yang sebenarnya. Oleh karena itu bisnis atau usaha biasanya di jadikan alternative untuk membuka profesi baru, tidak sedikit di masa sekarang seseorang yang berprofesi sebagai pegawai tetapi juga mempunyai usaha lain.
Dengan belajar bisnis dari sekarang, dimana masa kita sedang belajar. kita akan lebih mengetahui bagaimana memulai usaha dengan benar, cara mencari modal tanpa banyak utang dari Bank, bersaing dengan yang lain dan mendapatkan keuntungan. Semakin banyak ilmu yang di pelajari, mahasiswa akan semakin siap untuk bersaing di masyarakat setelah mendapatkan gelar nantinya.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar