MAKALAH PENGENALAN
OPEN OFFICE
Disusun Oleh;
IHDA AFDILAH
NPM.23210386
EKONOMI
AKUNTANSI
UNIVERSITAS GUNADARMA
DEPOK, 20011
1. Pendahuluan
Open office dimulai dari staroffice. staroffice merupakan aplikasi office suite komersial yg dibuat oleh sun. Pada tanggal 13 oktober 2000, sun microsystem menyumbangkan kode program staroffice kepada komunitas open source. Sejak saat itu dimulailah proyek pengembangan free office suite yg diberi nama OpenOffice.org. Pada waktu it, sun menjadi sponsor utama sekaligus donatu rproyek pengembangan OpenOffice.org (www.openoffice.org) yg dikerjakan oleh komunitas Open Source. Saat ini sudah cukup banyak prusahaan yg memberikan sumbangan atau dukungan terhadap proyek Open Office.org, beberapa diantaranya adalah Novell, RadHat, Debian, dan Intel. Setelah lima tahun dibuat dan suksesdengan versi 1.x, kini openOffice.org telah memasuki versi 2.0. Cukup banyak penambahan fasilitas yang tidak dijumpai pada versi 1.x. perbedaan yg paling utama, yaitu user interfacenya. Tampilan OpenOffic.org sangat mirip dengan tampilan Microsoft Office. Hal ini akan memudahkan pengguna Microsoft Office yg ingin melakukan migrasi ke OpenOffice.org.
OpenOffice.org dibuat untuk sistem operasi Windows, GNU/Linux, BSD, Solaris, dan Mac OS X. Anda dapat melakukan download OpenOffice.org versi terbaru dari situs www.openoffice.org.
Mengingat ukuran filenya cukup besar ( diatas 70 MB ), sangat dianjurkan melakukan download menggunakan layanan koneksi internet berkecepatan tinggi.
Selanjutnya OpenOffice.org kita singkat saja menjadi OOo. OOo menyetarakan 6 buah aplikasi pendukung, yaitu:
OOo writer, pengolah kata ( mirip Microsoft Word )
OOo Calc, spreadsheet ( mirip Microsoft Excel )
OOo Impress, untuk persentasi ( mirip Microsoft Power Point )
OOo Base, aplikasi database ( mirip Microsoft Access )
OOo Draw, untuk membuat gambar ( mirip Corel Draw )
OOo Math, untuk menulis formula ( mirip Microsoft Equation)
2. Pengertian Open Office.org
OpenOffice.org adalah seperangkat lunak perkantoran yang di dalamnya terdapat fungsi pengolah kata (word processing), pengolah lembar (spreadsheet), pembuatan gambar (drawing), pembuatan presentasi (presentation), pengolahan data, web editor, database, dan formula editing. Selain itu Open Office.org bisa dikatakan salah satu software OfficeSuite (wordprocessor, spreadsheet dan presentation) yang bersifat OpenSource sehingga bisa di download, diinstal, didistribusikan secara bebas tanpa harus membeli lisensi ratusan dolar.
Sebagai salah satu alternatif pengganti Microsoft Office yang mungkin terlanjur mengakar pada kebanyakan pengguna komputer, OpenOffice secara kualitas setingkat dengan Ms Office. Jadi bagi kita yang sudah terbiasa menggunakan Ms Office akan cepat familiar dengan OpenOffice sebab menu dan fiturnya sangat mirip walaupun tidak 100% sama. Tidak hanya untuk para pengguna Linux saja, OpenOffice ini juga bisa diinstal di lingkungan Ms Windows.
Ada beberapa komponen dalam OpenOffice.org, yaitu :
• OpenOffice.Org Writer, adalah aplikasi pengolah kata (Word Processor) yang fungsinya sama seperti Microsoft Office Word
• OpenOffice.Org Calc, adalah aplikasi pengolah angka (Spreadsheet) yang fungsinya sama dengan Microsoft Excel.
OpenOffice.Org Impress, adalah aplikasi yang digunakan untuk membuat presentasi (Slide show) yang fungsinya sama dengan Microsoft Powerpoint.
• OpenOffice.Org Base, adalah aplikasi pengelola database yang dapat membuat, manipulasi data, mebuat forms dan report-nya. Base fungsinya sama dengan Microsft Access.
• OpenOffice.Org Draw, adalah aplikasi yang digunakan untuk membuat gambar gambar vector, seperti flowchart atau diagram alir.
• OpenOffice.Org Math, adalah aplikasi untuk membuat dan mengubah persamaan-persamaan Matematis, fungsinya hampir sama dengan Microsoft Equation Editor
Open Office.org Writer
OpenOffice.org Writer adalah pengolah kata yang mirip dengan Ms Word, dengan fitur yang hamper sama. Tampilan yang dimiliki OpenOffice Writer tidak jauh berbeda dengan aplikasi Word Processor yang dimiliki Microsoft Word. Interface utama atau lembar kerja adalah area untuk mengedit dokumen (ruang putih di tengah window). Di bagian window terdapat bermacam¬-macam fungsi yang dikumpulkan ke toolbars dan dengan menu¬-menu tersebut kita dapat menentukan format huruf, paragraph, ukuran kertas, perataan (text alignment) dan masih banyak lagi. Open Office Writer adalah word processor yang baik dan memiliki tampilan format WYSIWYG (What You See Is What You Get). Apa yang kita lihat di OpenOffice Writer itulah yang kita dapatkan jika mencetak dokumen.
Beberapa fitur yang tersedia di OpenOffice.org Writer antara lain:
• Wizard yang mempermudah pembuatan dokumen-dokumen standar seperti surat, fax, agenda, atau mail merge. Kita juga bisa dapat membuat template sendiri sesuai kebutuhan kita.
• Styles and Formatting.
• AutoCorrect Dictionary yang dapat mengecek ejaan selama kita mengetik.
• AutoComplete dapat menyarankan kata-kata atau frase umum untuk melengkapi apa yang sedang kita ketik.
• AutoFormat menangani format tulisan selama kita mengetik, membebaskan kita untuk berkonsentrasi lebih pada pesan yang ingin kita sampaikan.
• Bingkai teks dan linking untuk menangani urusan desktop publishing seperti membuat buletin, flyer, dan lain-lain.
• Pembuatan daftar isi, indeks, referensi bibliografis, ilustrasi, tabel, dan daftar lainnya secara otomatis.
• Writer dapat berhubungan langsung dengan perangkat lunak email sehingga kita bisa langsung mengirim dokumen kita melalui email.
• Fasilitas ekspor HTML ke web atau mencetaknya dalam bentuk Portable Document Format (PDF).
• Penyimpanan dokumen dalam format OpenDocument, standar internasional baru untuk dokumen office. Format baru berbasis XML ini dapat diakses oleh perangkat lunak lain yang kompatibel terhadap format OpenDocument.
• Writer dapat membaca format dokumen Microsoft Office, dan menyimpan hasil kerja ke dalam format Microsoft Word.
OpenOffice.org Writer mempunyai Menu Bar berisi 9 menu, yaitu:
• Menu File, yaitu menu utama yang digunakan untuk mengatur file seperti membuka lembar kerja, menutup lembar kerja, menyimpan lembar kerja, dan melakukan pencetakkan dokumen.
• Menu Edit, yaitu menu utama kedua yang digunakan untuk membantu pengguna dalam proses pengeditan dokumen, termasuk dalam pencarian teks.
• Menu View, yaitu menu untuk mengatur tampilan dokumen atau lembar kerja, termasuk untuk memperbesar dan memperkecil ukuran lembar kerja.
• Menu Insert, yaitu menu untuk menyisipkan beberapa jenis objek ke dalam lembar kerja. Objek-objek tersebut dapat berupa gambar, karakter khusus, simbol, header, footer, nomor halaman, tanggal dan waktu, tabel, dan juga objek berupa file dokumen tipe lainnya.
• Menu Format, yaitu menu untuk membantu pengguna mengatur format objek dokumen seperti teks, gambar, paragraf, atau jenis objek lainnya yang terdapat dalam dokumen lembar kerja.
• Menu Table, yaitu fasilitas untuk membuat tabel termasuk yang memiliki operasi-operasi dasar tabel seperti Insert, Delete, Select, Merge dan Split Cells.
• Menu Tools, yaitu menu yang sangat berperan mengatur beberapa fasilitas konten pada aplikasi OpenOffice.Org Writer. Pada menu inilah opsi-opsi dalam OpenOffice.Org Writer dapat kita ubah sesuai dengan kebutuhan kita. Melalui menu ini, kita dapat mengatur kinerja aplikasi OpenOffice.Org Writer agar dapat lebih maksimal.
• Menu Window, yaitu menu untuk mengatur jendela-jendela dokumen atau file lembar kerja yang sedang aktif atau terbuka.
• Menu Help, yaitu menu untuk menampilkan fasilitas bantuan atau informasi mengenai OpenOffice.Org Writer, baik secara offline maupun secara online di Internet.
Ada 3 toolbar OpenOffice.Org Writer yang sering digunakan dalam proses pengeditan dokumen yaitu Standard, Formatting dan Drawing.
• Toolbar Standard adalah sekumpulan ikon yang berfungsi untuk mengatur dokumen seperti membuka, menyimpan, sampai pada pencetakkan dokumen.
• Toolbar Formatting adalah sekumpulan ikon yang berfungsi untuk mengatur dan memodifikasi teks atau tulisan dalam dokumen.
• Toolbar Drawing adalah sekumpulan ikon yang berfungsi untuk mengedit objek gambar dan berbagai bentuk objek dokumen lainnya.
Open Office.org Calc
Open Office Calc, Open Office Calc atau yang bisa disebut dengan sebutan Spreadsheet adaah salah satu aplikasi perkantoran yang digunakan untuk melakukan pengolahan data berupa angka-angka untuk menjadi satu informasi berupa hasil pengolahan tersebut. Fungsi dari Spreadsheet ini hampir sama dengan aplikasi spreadsheet yang sudah ada lebih dahulu terkenal yaitu Microsoft Office Excel. Semua fungsi, cara melakukan pembuatan tabel bdan formula perhitungan sama persis dengan Excel. Jadi bagi yang sudah mengenal dan menguasai program Excel tidak akan masalah apabila ingin migrasi ke Open Office.org Calc / Spreadsheet. Keuntungan dari aplikasi ini adalah dimana lisensi yang diberikan adalah Free karena termasuk GPL (General Public Lisense). Dan kita bisa menjadi salah satu pihak yang mengenalkan aplikasi ini atau ikut dalam project yang dikembangkan situs Open Office.org dengan cara meregisterkan Open Office.org kita ke situs mereka.
Open Office Calc adalah software spreadsheets yang memungkinkan untuk melakukan input dan manipulasi sel data (data cells) yang terorganisasai dalam baris dan kolom, membuat daftar memelihara record, dan menganalisa data. Sebuah sel adalah pengisi bagian individu dari data, seperti kuantitas, tabel, atau formula matematika. Pada saat membuka spreadsheet baru akan disediakan 3 sheets, Sheet 1, Sheet 2, Sheet 3, dengan minimal Sheet dan dapat menambah atau mengurangi sheet yang terdiri dari 256 kolom, yaitu kolom A sampai dengan kolom IV dan terdiri dari 32.000 baris.
Teknologi DataPilot tingkat lanjut membuatnya mudah untuk mengambil data mentah dari basis data perusahaan; tabulasi silang, ringkasan, dan mengkonversinya menjadi informasi yang berarti.
Formula bahasa alami mengijinkan Anda membuat formula menggunakan kata-kata (contoh. “penjualan – pengeluaran”).
Tombol Intelligent Sum menyisipkan fungsi penjumlahan atau subtotal secara otomatis, tergantung dari konteks.
Panduan (Wizards) membantu Anda dalam memilih dan menggunakan fungsi-fungsi spreadsheet tingkat lanjut.
Style dan Pemformatan membuatnya mudah untuk menerapkan opsi pemformatan sel yang fleksibel, termasuk merotasi isi, template, latar belakang, batas pinggir, dan banyak lagi. Anda bisa menjadi ahli dalam spreadsheet Anda sendiri berkat templates dengan fungsi yang built-in, mengijinkan Anda untuk berkonsentrasi pada pekerjaan nyata Anda.
Scenario Manager mengijinkan analisa “bagaimana jika …” pada tingkat tombol – contoh. membandingkan profitabilitas untuk perkiraan penjualan tinggi / menengah / rendah.
Komponen solver CALC mengijinkan optimisasi penyelesaian masalah dimana nilai optimal dari sebuah sel pada spreadsheet harus dihitung berdasarkan batasan yang disediakan pada sel lain.
Mendukung pekerjaan secara kolaboratif pada spreadsheets dengan dukungan banyak pengguna pada CALC. Dengan melakukan sharing sebuah spreadsheet pengguna lain dapat dengan mudah menambahkan datanya pada spreadsheet. Pemilik spreadsheet dapat mengintegrasikan datanya dengan mudah cukup dengan beberapa klik saja. Kolaborasi ini membantu menghindari konflik selama pengeditan.
Open Office.org Impres
Open Office Impress merupakan salah satu aplikasi dari Open Office , merupakan salah satu paket yang terdapat dalam Open Office suite yang dapat digunakan untuk membuat slide presentasi dan dokumen HTML. Misalnya presentasi rencana proyek, produk, strategi marketing, akademis dan lain sebagainya. Jika kita membandingkan dengan produk Microsoft Office, Open Office Impress lebih kurang sama fungsinya dengan Microsoft Power Point.
IMPRESS adalah perangkat yang sungguh canggih untuk membuat presentasi multimedia yang efektif. Presentasi akan tampak luar biasa dengan clip art 2D dan 3D, efek khusus, animasi, dan perangkat penggambar yang canggih.
Halaman Utama (Master Pages) mempermudah tugas mempersiapkan materi-materi. Hemat waktu banyak dengan mendownload template dari repository Extension kami.
Sebuah jangkauan yang lengkap tentang Views sudah didukung: Drawing / Outline / Slides / Notes / Handouts untuk mencapai semua kebutuhan dari presenter dan pendengar, ditambah dengan sebuah tampilan multi-pane opsional untuk meletakkan semua dalam tanggan.
IMPRESS mendukung banyak monitor, sehingga pembicara dapat melihat sesuatu yang lain ketika mempresentasikan slidenya pada proyektor. Manfaatkan ini dengan Extension Presenter Console, yang mengijinkan kita melihat slide berikutnya dan juga waktu dan catatan untuk penulis.
IMPRESS memiliki perangkat penggambar dan diagram yang mudah untuk digunakan untuk memberikan nilai lebih pada presentasi.
'Parkirkan' perangkat penggambar yang paling sering kita gunakan disekitar layar untuk akses yang lebih cepat.
Animasi dan Efek Slide show membuat presentasi serasa hidup. Fontwork menyediakan gambar-gambar 2D dan 3D dari teks. Buat gambar-gambar 3D dengan cepat.
Simpan presentasi dalam format OpenDocument, standar internasional baru untuk dokumen perkantoran. Format berbasis XML ini berarti kita tidak terikat hanya pada IMPRESS. Kita bisa mengakses dokumen dari sembarang perangkat lunak lain yang mendukung OpenDocument.
Open Office.org Base
BASE adalah sistem manajemen basis data berbasis desktop yang lengkap, didesain untuk memenuhi kebutuhan yang luas dari pengguna, mulai dari
• melacak koleksi CD pribadi Anda, hingga
• menghasilkan laporan penjualan bulanan
BASE menawarkan panduan untuk membantu pengguna yang baru terhadap desain basis data (atau baru terhadap BASE) untuk membuat Tabel, Query, Form, dan Report, bersama dengan sekumpulan definisi tabel yang sudah didefinisikan untuk melacak Asset, Konsumen, Penjualan, Invoice, dan banyak lagi.
Ketika hanya memerlukan basis data personal, BASE menawarkan mesin basis data relasional HSQL, dikonfigurasi untuk pengguna tunggal, dengan data tersimpan pada dokumen BASE, beserta dengan dukungan native untuk dokumen dBase.
Untuk kebutuhan yang lebih besar, BASE mendukung berbagai basis data yang populer secara native: MySQL, Adabas D, Microsoft Access, dan PostgreSQL. Sebagai tambahan, dukungan untuk driver standar JDBC dan ODBC juga mengijinkan untuk terhubung secara virtual pada sembarang basis data yang ada.
BASE terintegrasi dengan aplikasi OpenOffice.org yang lain, misalnya
• menyediakan data buku alamat untuk mail merge pada WRITER menggunakan standar industri protokol LDAP, atau format buku alamat yang umum seperti Microsoft Outlook, Microsoft Windows dan Mozilla;
• membuat jangkauan data yang terhubung pada dokumen CALC untuk analisa data pilot atau sebagai dasar untuk bagan.
Base adalah modul OpenOffice yang digunakan untuk membuat aplikasi basis data. Kemampuannya setara dengan dengan Ms. Access sehingga dapat digunakan untuk membuat form, report, query, table, view, dan relasi. Cukup banyak database engine yang bisa digunakan oleh aplikasi ini seperti : HSQLDB (default databasenya), sBase, MS Access, MySQL, bahkan Oracle.
Open Office.org Draw
Draw adalah modul OpenOffice yang digunakan untuk menggambar. Umumnya ini digunakan untuk menggambar diagram ataupun flowchart. File dapat disimpan dalam berbagai format seperti PNG, HTML, PDF, Flash. Untuk kebutuhan membuat gambar pada Writer, Calc, dan Impress, dapat dilakukan dengan mengaktifkan modul Draw atau menggunakan tool dari toolbar Drawing.
DRAW - dari sketsa hingga rancangan yang kompleks, DRAW memberikan sebuah perangkat untuk berkomunikasi dengan grafis dan diagram.
'Parkirkan' perangkat penggambar yang paling sering gunakan disekitar layar untuk akses yang lebih cepat. Gunakan Style dan Pemformatan untuk meletakkan semua style grafis Anda pada tanggan Anda.
Memanipulasi obyek, merotasi dalam dua atau tiga dimensi; pengendali 3D meletakan lingkaran, tabung, dll sesuai keputusan Anda.
Mengelola obyek: mengelompokkan, memisahkan, menggabungkan, dan mengedit obyek selama dikelompokkan. Proses rendering yang kompleks mengijinkan membuat gambar yang realistis dengan tekstur milik Anda sendiri, efek cahaya, transparansi, perspektif, dan sebagainya.
Smart connectors mempercepat pembuatan diagram alur, bagan organisasi, diagram jaringan, dll. Definisikan 'titik temu' organisasi.
Dimension lines secara otomatis mengkalkulasi dan menampilkan dimensi linier ketika menggambar.
Gunakan gambar-gambar Gallery untuk clipart; buat seni sendiri dan tambahkan kedalam Gallery.
Simpan gambar dalam format OpenDocument, standar internasional baru untuk dokumen perkantoran. Format berbasis XML ini berarti Anda tidak terikat hanya pada DRAW. Kita bisa mengakses dokumen dari sembarang perangkat lunak lain yang mendukung OpenDocument.
Import graphis dari semua format umum (termasuk BMP, GIF, JPEG, PNG, TIFF, and WMF).
Icon Drawing Di Open Office
Untuk menggunakan open office.org writer butuh adaptasi karena memang tidak begitu berbeda banyak dengan aplikasi microsoft word. Cuma memang tata letak menu serta icon-icon yang berbeda saja yang membuat kita bingung untuk menggunakan program Open Office.org Writer. Untuk memunculkan toolbar untuk menggambar , kita hanya perlu mengklik icon Show Draw Function(lihat gambar di bawah).
apabila kita mengkliknya dengan benar , maka tool drawing akan muncul di bagian bawah Open office Writer, sekarang sudah gampang khan untuk menggunakan alat-alat gambar di Open Office Writer.
Open Office.org Math
Math merupakan editor formula atau rumus. Dapat digunakan untuk membuat rumus kompleks yang terdiri dari simbol-simbol atau karakter-karakter yang tidak ada pada font standar. Aplikasi Math sendiri dapat dipanggil dari Write dan Impress, atau dapat pula diaktifkan sebagai editor sendiri. File yang dihasilkan dapat disimpan dalam format .MathML.
MATH adalah komponen OpenOffice.org untuk rumus matematika. Paket ini paling sering digunakan sebagai editor rumus untuk dokumen teks, tetapi juga dapat digunakan dengan berbagai jenis dokumen yang lain atau secara mandiri. Ketika digunakan didalam WRITER, rumus dianggap sebagai sebuah obyek didalam dokumen teks. Hal yang sama, seseorang dapat menyisipkan obyek ini kedalam program OpenOffice.org lainnya, seperti CALC dan IMPRESS.
Menggunakan MATH, terdapat tiga cara utama untuk memasukkan sebuah formula:
• Menulis markup pada editor rumus.
• Klik kanan editor rumus dan pilih simbol dari menu konteks.
• Pilih simbol dari toolbox Selection.
KELEBIHAN OPEN OFFICE
1. Ketersediaan source code
OpenOffice.org adalah free/open source software. Artinya, source code OpenOffice.org tersedia dan bisa dimanfaatkan dengan sangat fleksibel (sesuai lisensi GNU LGPL). Dari sisi lisensi, ini artinya pengguna tidak perlu mengeluarkan sepeser uangpun untuk membeli lisensi penggunaan. Pengguna mungkin perlu mengeluarkan sedikit uang untuk membeli buku panduan atau media instalasi OpenOffice.org.
Ketersediaan source code juga memiliki nilai tambah. Diantaranya, kita tidak bergantung pada satu perusahaan tertentu. Siapa saja, selama menuruti lisensi yang digunakan, bisa mengembangkan sendiri paket Office berbasis OpenOffice.org. Bukan pekerjaan yang sederhana, tapi kita bisa melakukannya.
Katakanlah suatu hari pengembang OpenOffice.org sudah tidak berminat mengembangkan lagi, akan muncul kelompok-kelompok lain (mahasiswa/akademisi, yayasan, perusahaan, pemerintah, siapapun) yang bisa mengembangkan dengan legal.
2. Berjalan pada banyak platform
Microsoft Office hanya berjalan secara natif pada Windows dan Macintosh. Artinya, kalau Anda sekarang menggunakan Windows dan Microsoft Office dan suatu saat ingin berpindah ke Linux, maka Anda kehilangan Microsoft Office.
Sementara, OpenOffice.org berjalan pada Windows, Macintosh, Linux, UNIX, BSD. Anda berpindah dari Windows ke Linux? Linux ke Solaris? Anda akan tetap menjumpai OpenOffice.org dan tetap bisa produktif. Dengan menggunakan OpenOffice.org, Anda bisa menggunakan banyak pilihan sistem operasi.
3. Kompatibel dengan Microsoft Office dan format office lainnya
Dengan menggunakan OpenOffice.org, kita tetap bisa membuka dan menyimpan dokumen-dokumen yang dihasilkan dari Microsoft Office. Tidak masalah. Kompatibilitas dengan MS Office memang tidak sempurna tapi pastinya, sudah sangat baik dan semakin dikembangkan.
Tidak hanya itu, OpenOffice.org juga bisa membuka dan menyimpan dokumen dari banyak paket office lain. Sebut saja WordPerfect, Lotus dan AutoCAD. Dengan menggunakan OpenOffice.org, Anda bisa bekerja dengan banyak format dokumen.
4. Format OpenDocument yang terbuka dan fleksibel
OpenOffice.org 2.x menggunakan format dokumen OpenDocument, yang sangat terbuka. Siapa saja bias membaca spesifikasi format dokumen tersebut.
Dari sisi teknis, kita bahkan mungkin mengamati isi dokumen tanpa memiliki program OpenOffice.org terinstall, walaupun akan cukup kerepotan untuk membaca.
Pihak yang memiliki kepentingan tertentu bisa pula mengimplementasikan paket Office yang mampu membaca dan menyimpan ke format OpenDocument. Sudah cukup banyak program yang bisa membuka dan menyimpan format OpenOffice.org.
Pemerintah juga sebaiknya mendistribusikan dokumen/template dalam format terbuka, dan memastikan semua rakyat – baik yang bisa membeli ataupun tidak bisa membeli paket office yang digunakan – tetap bisa membaca/menggunakan dokumen/template yang didistribusikan.
Selama spesifikasi teknis dokumen tersedia, kita – sebagai pemilik dokumen – aman.
5. Ekspor ke PDF dan format lain dengan mudah
Dengan menggunakan OpenOffice.org, dokumen yang kita buat bisa langsung diekspor ke format lain, seperti PDF atau Flash dengan mudah, tanpa membutuhkan program atau pustaka tambahan.
Microsoft memang menyediakan plugin Save as PDF (bebas download) untuk Office 2007, namun OpenOffice.org sudah datang dengan fungsionalitas ini sejak dulu, terintegrasi dan tidak hanya untuk format PDF, melainkan masih banyak format lain.
6. Macro dalam berbagai bahasa pemrograman
Macro dapat digunakan untuk mengembangkan fungsionalitas Office. Dengan OpenOffice.org, macro dapat dibangun dengan berbagai bahasa pemrograman seperti Python dan Javascript, disamping OpenOffice.org Basic. Dukungan bahasa ini akan terus bertambah.
7. Akses database yang luas dan transparan
OpenOffice.org datang dengan dukungan database yang luas. Dengan dukungan berbagai driver natif, ODBC dan JDBC, Anda bisa menghubungkan OpenOffice.org dengan hampir semua database system populer yang ada di dunia ini.
OpenOffice.org sejak versi 2.x bahkan datang dengan database front end Base yang sangat mirip dengan Microsoft Access.
8. Wizard untuk konversi dokumen MS Office
Punya satu folder (dengan struktur yang rumit) berisikan banyak dokumen MS Office baik Word, Excel atau PowerPoint? Ingin mengkonversikan ke format OpenOffice.org? Mudah. Cukup akses saja menu File -> Wizards -> Document Converter. Anda akan dipandu sehingga proses konversi bisa dilakukan dengan mudah dan cepat.
9. Sangat customizeable
Ingin mengubah sebagian besar user interface OpenOffice.org? Bosan dengan menu bar default? Hanya ingin menampilkan satu atau dua menu saja? Ingin mengganti icon default? Gunakan menu yang ada dan dalam sekejap, tampilan OpenOffice.org Anda dijamin berbeda dengan pengguna lain!
Ingin lebih cepat? Edit saja file konfigurasi XML-nya.
10. User interface yang konsisten antar komponen
Arsitektur program OpenOffice.org dan sistem komponennya dikembangkan dengan sangat baik. Salah satu akibatnya, user interface Writer, Calc, Impress dan komponen lain sangatlah konsisten. Kita bahkan bisa membangun macro untuk memanggil komponen tertentu dari OpenOffice.org.
Bisa kita lihat, Openoffice.org bukanlah proyek main-main. OpenOffice.org sangatlah layak untuk digunakan dan diandalkan untuk membantu Anda tetap produktif. Jangan terus tergantung pada Microsoft Office. Ketergantungan itu tidak akan pernah selesai apabila kita tidak berusaha keras melepaskan diri.
3. Data Base Manajement
DBMS (DataBase Management System) adalah sistem yang secara khusus dibuat untuk memudahkan pemakai dalam mengelola basis data. Sistem ini dibuat untuk mengatasi kelemahan sistem pemrosesan yang berbasis berkas.Pada pendekatan yang berbasis berkas, umumnya perancangan sistem didasarkan pada kebutuhan individual pemakai, bukan berdasarkan kebutuhan sejumlah pemakai. Setiap kali terdapat kebutuhan baru dari seorang pemakai, kebutuhan segera diterjemahkan kedalam program komputer. Akibatnya, kemungkinan besar setiap program aplikasi menuliskan data tersendiri. Sementara itu ada kemungkinan data yang sama juga terdapat pada berkas-berkas lain yang digunakan oleh program aplikasi lain.
Ada beberapa ketidaksepahaman terhadap definisi atas "relasional" dari DBMS.
Definisi yang paling populer dari sebuah RDBMS seringkali dianggap kurang tepat; beberapa kalangan berargumentasi bahwa penyajian data sebagai kumpulan baris dan kolom sudah cukup memenuhi syarat untuk dikatakan sebagai sebuah RDBMS. Tipikalnya, sebuah sistem basisdata dikatakan memenuhi kriteria sebagai RDBMS apabila memenuhi hukum-hukum yang ditetapkan dalam 12 hukum Codd, namun pada kenyataannya justru kebanyakan sistem basisdata tidak mendukung sepenuhnya implementasi hukum-hukum Codd tersebut.
Kalangan lainnya beranggapan apabila sebuah sistem basisdata tidak mengimplementasikan keseluruhan hukum-hukum Codd tersebut, maka sistem tersebut tidak dapat disebut sebagai relasional. Pandangan seperti ini, yang banyak diterima oleh para teoritis dan kalangan-kalangan lainnya yang memegang teguh prinsip-prinsip Codd, tentunya akan mendiskualifikasikan banyak sistem basisdata yang ada saat ini "tidak murni relasional". Dalam kenyataannya, sistem basisdata yang menggunakan SQL (Structured Query Language) untuk mengakses dan memodifikasi data tidak bisa dikatakan sebagai RDBMS menurut definisi ini. Sementara itu, para pendukung atas sistem basisdata yang ada menyebutkan sebuah sistem basisdata yang menerapkan hanya beberapa dari hukum-hukum Codd tersebut disebut sebagai Sistem Manajemen Basisdata Semi-Relasional/Pseudo-Relational Database Management Systems (PRDBMS). Untuk sistem manajemen basis data yang sepenuhnya menerapkan hukum-hukum Codd tersebut selanjutnya disebut sebagai Sistem Manajemen Basisdata Murni-Relasional/Trully-Relational Database Management Systems (TRDBMS).
Saat ini, hampir seluruh RDBMS yang ada menerapkan SQL sebagai bahasa query namun juga menyediakan dan mengimplementasi beberapa alternatif lainnya. Alpora Dataphor adalah RDBMS yang tersedia secara komersil yang mengikuti secara penuh ke dua belas hukum-hukum Codd tersebut, dan kedua kelompok mengenalnya sebagai RDBMS.
4. Pengembangan Open Office.org
Keberadaan program OpenOffice.org sendiri sebenarnya sangat membantu kita sebagai pengguna sistem operasi windows untuk mengurangi faktor biaya dalam penggunaan komputer. Terutama para pengusaha yg ingin usahanya aman dan amanah dalam menjalankan usahanya agar terhindar dari praktek pembajakan software. Dengan hanya membeli sistem operasi windows, maka semua biaya dapat kita tekan dengan tidak membeli semua software-software yg diperlukan untuk kegiatan aktifitas bisnis.
Salah satu program yg memang sangat diperlukan dan rutin digunakan setiap hari yaitu pekerjaan dokumentasi dan pengolah data serta presentasi, maka OpenOffice.org dapat membantu dalam meningkatkan efisiensi biaya. Harga OpenOffice.org sendiri gratis alias tidak ada biaya kecuali biaya saat kita mengunduhnya yg membutuhkan koneksi internet. Dibandingkan dengan program Office berbayar yg paling murah sendiri dalam kisaran Rp. 600.000,- (enam ratus ribu Rupiah) sampai Jutaan rupiah. Faktor biaya dan menghindari pembajakan softawre tentu menjadi hal terbaik dalam berbisnis.
OpenOffice.org saat tulisan ini dibuat sudah mengeluarkan program OpenOffice.org versi 3.2.0 , perkembangan OpenOffice.org saat ini terus meningkat. Setelah mengeluarkan secara resmi verso 3.2.0 maka beberapa waktu kemudian dikeluarkan versi ujicoba kepada para penggunanya yaitu versi 3.2.1. Dengan mengeluarkan versi ujicoba dengan maksud agar program OpenOffice.org benar-benar membuat para pengguna program OpenOffice.org semakin merasa nyaman dan dapat memenuhi semua kebutuhan para penggunanya.
Penggunaan program OpenOffice.org seperti program pengolah kata (Word, -red), Spreadsheet (Excel, -red) dan presentasi maupun Basis data (Database, -red) sudah tersedia dalam satu file master instalasi OpenOffice.org. Pengakuan team pengembang Program OpenOffice.org yaitu program OpenOffice.org mampu menggantikan dan bersaing dengan Program Miscrosoft Office 2007.
Spesifikasi proyek pengembangan
OpenOffice.org adalah bagian penting dalam proses pengembangan OpenOffice.org. Spesifikasi proyek berfungsi juga sebagai pemandu bagi para pengembang dalam berkolaborasi mengembangkan OpenOffice.org. Perubahan-perubahan pada OpenOffice.org yang berbentuk penambahan fitur atau pengembangan fitur yang sudah ada, akan dikerjakan berdasarkan spesifikasi perangkat lunak. Pihak-pihak yang menggunakan spesifikasi perangkat lunak OpenOffice.org sebagai pedoman atau acuan antara lain:
• Development (DEV), yang mengimplementasikan atau melakukan pemrograman berdasarkan informasi teknis yang disediakan pada spesifikasi
perangkat lunak.
• User Experience (UX), bagian yang mendefinisikan antarmuka pengguna (user interface – UI) dan model interaksi berdasarkan spesifikasi perangkat lunak.
• Quality Assurance (QA), QA akan membuatkan spesifikasi untuk keperluan test case berdasarkan spesifikasi perangkat lunak.
• Documentation (DOCU), proses pembuatan dokumentasi petunjuk untuk pengguna berdasarkan spesifikasi perangkat lunak. Tabel 1 menyajikan daftar kelompok spesifikasi perangkat lunak OpenOffice.
sumber : Noprianto, Praktisi Linux dan Kontributor Majalah InfoLinux
http://id.openoffice.org/
Tidak ada komentar:
Posting Komentar